Zona Hijau, Enam Daerah di Sumbar boleh sekolah tatap muka

Sejumlah kabupaten/kota di SUmbar yang masuk zona hijau diperbolehkan membuka sekolah kembali.

PALANTA.ID – Enam kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar) yang masuk dalam zona hijau diperbolehkan melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah.

Keenam daerah tersebut adalah Kota Pariaman, Kota Payakumbuh, Kota Sawahlunto, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kabupaten Pasaman Barat.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengenai pembukaan sekolah bertepatan dengan dimulainya tahun ajaran baru 2020-2021.

“Ada rencana memulai kembali kegiatan belajar mengajar (tatap muka) pada 13 Juli mendatang, bertepatan dengan tahun ajaran baru 2020/2021. Dibuka di kabupaten dan kota yang masuk dalam kategori hijau,” kata Irwan Prayitno, Senin, 6 Juli 2020.

Zona hijau yang dimaksud di sini adalah daerah yang tidak ada kasus positif Covid-19, atau tingkat kesembuhan sudah mencapa100 persen, tidak ada satu pun positif dalam sebulan terakhir dan tidak ada kematian dalam kurun waktu sebulan terakhir.

Meskipun enam kabupaten/kota telah boleh membuka sekolah, tetapi keputusannya tetap tergantung otoritas tiap-tiap kabupaten/kota. Oleh sebab itu, Irwan juga tak mempersoalkan dua dari enam daerah itu kemudian memutuskan menunda untuk membuka sekolah.

Dua daerah yang memutuskan untuk menunda itu adalah Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh.

“Kita persilakan bupati atau wali kota menunda atau menerapkan belajar mengajar tatap muka,” ucap Irwan.***

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: