Pemprov Sumbar akan Gelar Shalat Idul Adha Berjamaah

Pelaksanaan Shalat Id di Masjid Raya Sumatera Barat, Kota Padang.

PALANTA.ID – Terkait pelaksanaan shalat Id pada Idul Adha 1441 Hijriah, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memutuskan akan menggelar secara berjamaah, namun tetap dengan mengacu pada standar protokol kesehatan.

Kabiro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar, Syaifullah, menyebutkan shalat Id akan diselenggarakan di halaman kantor Gubernur jika cuaca cerah. Namun, jika tidak memungkinkan, maka pelaksanaannya dipindahkan ke Masjid Raya Sumbar.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, panitia penyelanggara akan memperketat protokol kesehatan. Seluruh jamaah yang datang, diwajibkan mengenakan masker dan membawa sajadah dari rumah masing-masing.

“Selain itu, fasilitas penunjang lainnya seperti pengukur suhu tubuh, wastafel untuk kebutuhan cuci tangan, termasuk juga tali shaf untuk mengatur jarak antar jemaah juga disiapkan,” ungkapnya.

Meski sudah masuk era tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 atau “new normal”, tetapi Pemprov Sumbar tetap mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Karena, hingga kini masih belum ada obat ataupun vaksin pandemi mematikan itu. Potensi ledakan gelombang kedua masih bisa terjadi apabila abai terhadap protokol kesehatan.

“Diharapkan, masyarakat dan jemaah salat Iduladha 1441 H dapat menaati disiplin protokol kesehatan secara baik. Kita juga berharap semua komponen panitia dan pihak keamanan dapat mendukung dan melakukan pengamanan,” pungkas Syaifullah.***

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: