Pasar Atas diresmikan secara virtual dijadwalkan pekan ini

Pembangunan Pasa Ateh (Pasar Atas) Bukittinggi sudah rampung dan segera diresmikan.

PALANTA.ID – Pusat Pertokoan Pasa Ateh (Pasar Atas) di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat yang telah selesai dibangun kembali pada penghujung 2019 akan diresmikan secara virtual dijadwalkan dalam pekan ini.

“Dalam pekan ini Pasar Atas akan diresmikan namun karena kondisi wabah COVID-19 peresmiannya secara sederhana saja dan dilaksanakan secara virtual,” kata Wali Kota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias di Bukittinggi, Selasa, 9 Juni 2020.

Pasar Atas Bukittinggi terbakar pada Oktober 2017 dan dibangun kembali oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan biaya mencapai Rp292 miliar.

Saat peresmian nanti juga akan dilaksanakan penyerahan pengelolaan sementara oleh pemerintah pusat kepada Pemkot Bukittinggi.

Sementara terkait aset, menurut Ramlan masih membutuhkan waktu untuk diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah sehubungan dengan besarnya nilai aset tersebut.

Karena segera diresmikannya bangunan pasar, ia menerangkan pemerintah setempat selanjutnya bersiap untuk pemanfaatan pasar oleh para pedagang.

Pemerintah setempat kini menyiapkan perjanjian sewa menyewa dengan para pedagang, menyiapkan pengundian penempatan toko bagi pedagang sesuai jenis barang yang dijual dan persiapan lainnya yang dibutuhkan.

“Juli 2020 pedagang sudah dapat masuk toko, dapat beraktivitas dengan nyaman di Pusat Pertokoan Pasar Atas. Jadi sekarang pedagang mulai rancang mau bagaimana tokonya supaya menarik,” katanya.

Terkait sewa toko, karena pasar merupakan barang negara maka nilainya ditentukan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) namun pihaknya juga akan mengajukan pertimbangan untuk keringanan para pedagang mengingat kondisi sulit akibat wabah COVID-19.

Ia mengatakan peresmian dan pemanfaatan pasar memang dinilai cukup lama karena pembangunan telah selesai sejak akhir 2019 dan hal itu juga pengaruh kondisi wabah COVID-19 sejak Maret 2020.

“Sekarang karena akan dibuka lagi, kami berharap ini dapat membantu menggerakkan kembali perekonomian masyarakat. Semoga dapat menambah daya tarik pula karena pelataran Pasar Atas terhubung dengan ikon daerah Jam Gadang,” ujarnya.***

 

Sumber: Antara

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: